Masa kerajaan Pasir di kalimantan

Masa Pemerintahan Kerajaan/Kesultanan Pasir

Masa pemerintahan Kerajaan atau Kesultanan Pasir dimulai saat terbentuknya kerajaan ini pada sekitar pertengahan tahun 1575, dimana Puteri Betung diangkat sebagai Raja pertama di daerah Sadurangas (Pasir). Kemudian pemerintahan kesultanan tersebut terus berlangsung sampai berakhirnya kekuasaan pemerintahan Kerajaan Pasir pada masa pemerintahan Sultan Ibrahim Chaliludin yang terjadi pada tahun 1906 dimana pihak Belanda secara sepihak telah menghapus kerajaan tersebut di bumi Kalimantan.

Setelah kejadian tersebut maka pemerintahan Kerajaan Pasir secara bertahap berganti-ganti bentuk pemerintahan dari daerah Swapradja Pasir di masa Belanda dan Jepang sampai ke bentuk Pemerintahan Kabupaten pada masa Republik Indonesia.
Luas Wilayah Kerajaan/Kesultanan Pasir pada saat itu meliputi daerah yang sekarang ini disebut kabupaten Pasir dan kabupaten Penajam Paser Utara yaitu seluas 14.937 Km2 atau 1.579.366 Ha terdiri dari luas daratan 1.391.200 Ha dan luas perairan laut 188.166 Ha dengan batas-batas wilayah pada saat ini adalah sebagai berikut :
 
  1. Sebelah Utara berbatasan denganKabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan di wilayah propinsi Kalimantan Timur yang pada saat itu berada dalam wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kota Baru di wilayah propinsi Kalimantan Selatan.
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tabalong di wilayah propinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Barito Utara di wilayah propinsi Kalimantan Tengah
  4. Sebelah Timur berbatas dengan Selat Makasar
Peta_Kerajaan
Peta Wilayah Kerajaan / Kesultanan Pasir
Bahkan luas wilayah Kerajaan Pasir diperkirakan juga meliputi sebagian kecil wilayah yang terletak di propinsi Kalimantan Selatan saat ini, mengingat berdirinya kerajaan ini tidak terlepas dari daerah Kuripan (Amuntai) yang berada di wilayah Kalimantan Selatan.
Dari mulai berdirinya Kerajaan Pasir sampai masa berakhirnya kerajaan ini telah terjadi beberapa kali perpindahan pusat kerajaan, yaitu :
 
  1. Kuripan (sekarang Amuntai, Kalsel) adalah tempat asal-muasal Kerajaan Pasir
  2. Desa Lempesu (27 KM dari Tanah Grogot, Kaltim) merupakan pusat kerajaan untuk pertama kalinya
  3. Gunung Sahari (1 Km sebelah selatan Museum Istana Sadurangas terletak di  Kec. Pasir Balengkong, Kaltim)
  4. Benuwo (Pasir Belengkong, Kaltim)
  5. Tanah Grogot (Pasir, Kaltim)

Komentar

Postingan Populer